Cara Membuat Lampion Terbang dengan 6 Langkah Mudah







Cara Membuat Lampion Terbang dengan 6 Langkah Mudah


Sebelum kita belajar cara membuat lampion terbang terlebih dahulu kita belajar tentang sejarahnya ya. Lampion terbang merupakan pemandangan yang mudah untuk dilihat di banyak negara Asia. Lampion terbang pertama kali diciptakan pada zaman perang di negara China di daerah Khungmin pada perang Samkok (Three Kingdom). Saat ini di negara seperti China, Korea Selatan, Jepang lampion terbang cenderung digunakan sebagai mediasi dalam memanjatkan doa supaya apa yang mereka kehendaki ketika lampion tersebut terbang ke udara.
Lampion merupakan sebuah lampu yang sumber pencahayaannya bersumber dari lilin atau lampu yang dibungkus dengan menggunakan kertas atau kain khusus. Meskipun desain lampion terlihat rumit dan susah untuk dibuat, namun kamu bisa dengan mudah membuat lampion terbang ini dirumah. Nyalakan lampion buatanmu dan biarkan lampion tersebut terbang ke langit membawa harapan dari hati kamu.
Artikel Terkait : Cara Membuat Lampion Benang

Alat dan Bahan untuk Membuat Lampion Terbang

Peralatan Membuat Lampion

Sumber Gambar : rmhpintar.wordpress.com
Sebelum kita membuat lampion sebaiknya kamu menyiapkan berbagai bahan yang akan kita gunakan untuk membuat lampion terbang.
Persiapkan semua bahan serta peralatan yang diperlukan agar ketika membuat lampion kita tidak repot lagi untuk mencari kelengkapan bahan dan alat. Untuk membuat lampion terbang kamu perlu menyiapkan bahan dan alat berikut.
  1. Lilin batangan
  2. Kain pakaian atau handuk bekas yang sudah tidak digunakan lagi.
  3. Tusuk bambu
  4. Silet atau bisa menggunakan pisau serba guna
  5. Alumunium foil
  6. Piring atau nampan bekas
  7. Kawat perangkai bunga panjang kurang lebih 60 cm
  8. Isolasi yang mudah untuk dibakar
  9. 16-20 lembar handuk kertas atau bisa juga menggunakan 8-10 lembar tisu
  10. Plastik atau kanvas pelindung
  11. Kain Pelindung
  12. Semprotan anti api (semprotan cairan kertas anti api ini bisa kamu dapatkan di toko besi lokal atau bisa membeli secara online)
  13. Satu buah kertas kopi besar
  14. Pensil
  15. Penggaris atau bisa menggunakan pita pengukur
  16. Lem putih
  17. Pematik api atau korek api
Bila semua bahan dan peralatan yang telah ditulis di atas sudah tersedia semua saat kita lanjut pada tahapan selanjutnya.

Tips Membuat Lampion Terbang

Berikut ini ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar bisa membuat lampion terbang dengan mandiri. Selain itu ada beberapa poin yang bisa kamu gunakan untuk mengganti bahan tertentu bila susah untuk didapatkan. Beberapa tips dalam membuat lampion terbang.
  1. Kamu bisa mengganti lilin dengan menggunakan bola kapas besar yang telah direndam dengan alkohol. Lilitkan kawat penyangga bunga tambahan pada bola kapas yang digunakan sebagai penyangga. Kemudian nyalakan bola kapas tersebut untuk menerbangkan lampion.
  2. Jangan mengganti tusuk gigi dengan sedotan minuman untuk membuat rangka lampion, karena sedotan tidak cukup kuat untuk menopang berat dari lilin.
  3. Ketika kamu sudah menguasai desain dasar lampion terbang ini, kamu bisa berkreasi dan mengembangkan berbagai bentuk lampion terbang yang lebih rumit. Untuk mendapatkan ide kamu bisa melakukan penelitian, dengan banyak membaca berbagai artikel terkait baik lewat online atau offline.

Cara Membuat Lampion Terbang Sederhana

Lampion Sederhana
Sumber Gambar : wikimedia.org
Berikut adalah langkah demi langkah membuat lampion terbang, pastikan kamu melakukan secara berurutan. Hal ini akan mempermudah kamu dalam proses pembuatanya. Kita masuk pada step awal untuk membuat lilin sebagai penggerak lampion terbang

Membuat Lilin untuk Lampion Terbang

  • Langkah pertama buatlah ikatan kain menjadi tali simpul yang kuat. Potong bagian ujung kain sampai memiliki ukuran 2,5 cm pada setiap sisinya. Ujung kain akan menjadi sumbu lilin yang akan menghasilkan uap panas sehingga bisa menerbangkan lampion. Hal ini secara prinsip sama dengan balon udara yang menggunakan nyala api untuk menggerakan balon udara.
  • Satukan 2 kawat perangkai bunga berukuran 60 cm dengan simpul. Kedua buah kawat harus tegak lurus antara keduanya dengan satu titik tengah yang saling tumpang tindih di atas simpul.
  • Bungkuslah kawat yang ada di sekitar simpul kemudian lilitkan dengan kencang dengan tali simpul yang lebih kuat. Panjang ke empat ujung kawat harus berukuran sekitar 23 cm sampai 25 cm pada setiap sisinya. Hal ini dilakukan agar kawat masih cukup panjang untuk menjangkau rangka bambu lampion. Setelah kawat selesai dibungkus sisihkan sejenak.
Cara Membuat Lampion Terbang
Sumber Gambar : wikihow.com

  • Lelehkan lilin dengan menggunakan pemantik sampai menjadi bentuk cair. Jangan lupa untuk menampung lelehan lilin menggunakan piring atau apapun yang bisa digunakan untuk menampung lelehan lilin.
  • Selanjutnya letakan simpul kain yang sudah dibuat tadi ke dalam lelehan lilin dan biarkan terendam selama tiga menit.
  • Setelah dingin lilin akan mengeras, maka lepaskan sumbu dari lilin.
  • Bungkus simpul di tengah sumbu menggunakan aluminum foil. Lilikan aluminum foil pada kawat sampai sekitar kawat besi tertutup sepenuhnya. Lilin untuk penggerak lampion terbang siap digunakan.
  • Setelah Lilin sudah selesai dibuat kita masuk ketahap ke dua yaitu membuat rangka lampion dari bambu dan juga memasang lilin yang sudah dibuat.

Comments