contoh format rpp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan     :  SEKOLAH DASAR
Kelas /Semester         :  1 (Satu) / 1 (Satu )
Tema / topik               :  1. Diriku / 2. Tubuhku
Petemuan ke              :  2
Alokasi waktu            :  2x35 menit

I.       KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

II.      KOMPETENSI DASAR
 PPKn
4.2   Melaksanakan tata tertib  di rumah dan di sekolah  

BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

SBDP
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

III.        INDIKATOR
 PPKn
1.    Menunjukkan sikap tertib selama pelajaran.

            Bahasa Indonesia
1.    Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
2.    Melengkapi gambar anggota tubuh
3.    Menyebutkan nama-nama anggota tubuh

mengenal makanan sehat (mmSeni Budaya, dan Prakarya
1.    Menebalkan garis pada gambar
2.    Mewarnai gambar
3.    Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh



IV.    TUJUAN
1. Setelah memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2. Setelah bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.


V.       MATERI
PPKn
1.    Mengikuti aturan dalam kegiatan di sekolah

            Bahasa Indonesia
1.     Membaca nama-nama anggota tubuh

mengenal makanan sehat (mmSeni Budaya, dan Prakarya
1.         Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh / puzzle

VI.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

VII.           KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengingatkan kembali pentingnya mengenal anggota tubuh

10 menit
Inti
1.    Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh
2.    Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa
3.    Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian
4.    Siswa melakukan permainan memasang nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
5.    Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton
6.    Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru
7.    Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok
8.     Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh
9.    Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh
10. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya

50 menit

Penilaian proses:
a.       Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)

Penutup
11.       Guru mengajak siswa mengenali  anggota tubuh
10    enit
12.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
13.    Melakukan penilaian unjuk kerja

14.Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan



VIII.       SUMBER DAN  MEDIA
·        Buku siswa tema 1 (Diriku), sub tema Tubuhku.
·        Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi nama-namanya
·        Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi nama-namanya
·        Kartu nama anggota tubuh


IX.    PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Unjuk Kerja
Rubrik memasangkan nama-nama anggota tubuh (terlampir)
b.      Penilaian Observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menyusun potongan gambar (terlampir)



Mengetahui                                                                            Guru Kelas I
Kepala Sekolah,                                                                    










 
NIP.                                                                                        NIP.



PENILAIAN TES DAN NON TES:


A.           Penilaian Kinerja

1.      Kinerja dalam Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh

No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan gambar
Semua tepat
Tepat 5 - 7
Tepat 3 - 4
Tepat 0 - 2
2
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal 5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit


2.      Penilaian Kinerja dalam Menyusun Potongan Gambar

No.
Kriteria
Terlihat (V)
Belum terlihat (V)


1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru




2
Siswa terlibat aktif dalam permainan




3
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah melakukan kegiatan
permainan




Comments