RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas /Semester :
1 (Satu) / 1 (Satu )
Tema / topik :
1. Diriku / 2. Tubuhku
Petemuan ke :
2
Alokasi waktu : 2x35 menit
I. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
SBDP
4.13 Membuat
karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
III.
INDIKATOR
PPKn
1.
Menunjukkan sikap tertib selama
pelajaran.
Bahasa Indonesia
1.
Membaca nama-nama anggota tubuh yang
dipelajari
2.
Melengkapi gambar anggota tubuh
3.
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh
Seni Budaya, dan Prakarya
1.
Menebalkan garis pada gambar
2.
Mewarnai gambar
3.
Menyusun potongan-potongan gambar
anggota tubuh
IV. TUJUAN
1. Setelah memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat
membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2. Setelah bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama
anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah bekerja kelompok, siswa dapat menyusun
potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.
V. MATERI
PPKn
1.
Mengikuti aturan dalam kegiatan di
sekolah
Bahasa Indonesia
1.
Membaca nama-nama anggota tubuh
Seni Budaya, dan Prakarya
1.
Menyusun potongan-potongan gambar
anggota tubuh / puzzle
VI. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
VII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengingatkan
kembali pentingnya mengenal anggota tubuh
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru
menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh
2.
Guru
menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di
halaman buku siswa
3.
Siswa
diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian
4.
Siswa
melakukan permainan memasang nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah
disiapkan secara berkelompok
5.
Siswa
menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton
6.
Siswa
merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru
7.
Siswa
diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok
8.
Masing-masing kelompok diberikan satu set
potongan gambar anggota tubuh
9.
Setiap
kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi
gambar tubuh manusia secara utuh
10. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan
mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya
|
50 menit
|
|
Penilaian proses:
a.
Guru memastikan
siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan
b.
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
|
|
Penutup
|
11.
Guru
mengajak siswa mengenali anggota tubuh
|
10
enit
|
12.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
13.
Melakukan penilaian unjuk kerja
|
|
|
14.Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
|
|
VIII. SUMBER DAN MEDIA
·
Buku siswa tema 1 (Diriku), sub tema
Tubuhku.
·
Gambar anggota tubuh yang sudah
dilengkapi nama-namanya
·
Gambar anggota tubuh yang belum
dilengkapi nama-namanya
·
Kartu nama anggota tubuh
IX. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Unjuk Kerja
Rubrik memasangkan nama-nama anggota tubuh (terlampir)
b. Penilaian Observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menyusun potongan gambar (terlampir)
Mengetahui Guru
Kelas I
Kepala Sekolah,
NIP. NIP.
PENILAIAN TES DAN NON TES:
A.
Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam Memasangkan Nama-nama
Anggota Tubuh
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Ketepatan
memasangkan nama anggota tubuh dengan gambar
|
Semua
tepat
|
Tepat 5 - 7
|
Tepat 3 - 4
|
Tepat 0 - 2
|
2
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat
waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
2. Penilaian Kinerja dalam Menyusun Potongan
Gambar
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (V)
|
Belum terlihat (V)
|
|
1
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
|
|
|
2
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
|
|
|
3
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah melakukan kegiatan
permainan
|
|
|
Comments
Post a Comment