contoh TUGAS JPOK

TUGAS JPOK



Soal...

1. Sebutkan macam-macam teknik servis permainan bola voli !
 Jawab: Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola dan penempatan bola ke tempat kosong kepada teman ke garis belakang kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat. Adapun macam-macam teknik servis dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut :
   1. Servis bawah
       Cara melakukan servis bawah adalah dengan berdiri di belakang garis belakang lapangan. Bola dipegang  dengan tangan kiri. Saat bola pada ketinggian pinggang lalu pukul. Setelah memukul bola langsung masuk lapangan.
   2. Servis mengapung (Floating overhand service)
          adalah jenis servis dimana jalannya bola dari hasil pukulan servis itu tidak mengandung putaran (bola berjalan mengapung atau mengambang)
          cara melakukannya adalah dengan berdiri di daerah servis menghadap ke lapangan. kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Bola dilambungkan di depan atas lebih tinggi dari kepala, tangan kanan segera memukul bola pada bagian tengah belakang.
    3. Overhand round-house service
          cara melakukannya dengan berdiri menyampingi net, posisi kedua kaki sejajar, tangan kiri memegang bola di depan badan, tangan kanan yang akan memukul bola menggenggam. Langkahkan kaki kiri ke samping, lambungkan bola di depan pundak kiri. kemudian ayunkan lengan kanan dengan gerakan melingkar ke arah bola sambil memindahkan berat badan ke kaki kiri.
    4. Jumping service
          cara melakukannya dengan berdiri di daerah servis dekat garis belakang menghadap ke net. Kedua tangan memegang bola. Lambungkan bola setinggi lebih kurang 3 meter agak di depan badan. Kemudian badan merendah dengan menekuk lutut untuk awalan melompat setinggi mungkin, lalu  bola dipukul setinggi mungkin seperti gerakan smash. lecutkan pergelangan tangan secepat-cepatnya, sehingga menghasilkan pukulan topspin yang tinggi agar boal secepat mungkin turun ke daerah lapangan lawan.
2. Sebutkan Macam-Macam teknik mengoper bola pada permainan bola basket ?
JAWAB :
Mengoper / melempar bola basket yaitu memberikan bola kepada teman kita pada saat permainan bola basket. 
Teknik mengoper bola basket ada tiga yaitu :
  > Over Head Pass
---> Mengoper / melempar bola dari atas kepala kita dengan menggunakan kedua tangan. Cara : Pegang bola dengan kedua telapak tangan lalu dorong bola dan arahkan pas ke arah teman yang akan dioperi bola.
> Bounce Pass
---> Mengoper / melempar bola dari depan dada tapi diarahkan kebawah dan bola memantul dengan pas ke arah teman. Cara : Pegang bola dengan kedua telapak tangan setinggi dada lalu dorong kearah bawah agar bola memantul ke arah teman kita.
> Chest Pass
---> Mengoper / melempar bola dengan kedua tangan pas di depan dada tetapi arah bola lurus sedada dengan teman. Cara : Pegang bola dengan kedua tangan pas didepan dada dan dorong dengan posisi tetap kearah teman kita.
3. sebutkan teknik-teknik menahan bola pada permainan sepak bola ?
JAWAB : a. Teknik Dasar Menahan Bola Dengan Dasar Kaki


Badan menghadap kearah datangnya bola. Angkat salah satu kaki dengan telapak kaki menghadap ke depan dan lutut agak ditekuk. Usahakan badan berada pada kaki yang satunya atau kaki tumpu.
Teknik ini dapat di gunakn untuk Manahan bola yang jatuh dan bola datar.
b. Teknik Dasar Menahan Bola Dengan Kura-Kura Kaki
Caranya, Kaki yang di gunakan untuk menahan bola diangkat dan dibawah kea rah jatuhnya bola. Ketika bola akan kontak dengan kaki, kaki diturunkan dan di hentikan dengan kura-kura kaki
4. SEBUTKAN kejuaraan-kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia ?
JAWAB : 1. Kejuaraan BWF
                2. Kejuaraan Super Series
            3. Kejuaraan Grand Prix Emas dan Grand Prix
4. kejuaraan all england
5. sebutkan teknik-teknik pukulan dalam permainan tenis meja ?

JAWAB : Macam Macam Teknik Pukulan dalam Tenis Meja

  1. Push
    Apa yang dimaksud dengan Push ? Push Merupakan teknik memukul bola (pingpong) dengan gerakan mendorng dan sikap bet terbuka, biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Pukulan push ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push.
  2. Drive
    Teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan. Pukulan drive ada dua macam yaitu forehand drive dan backhand drive.
  3. Chop
    Teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam.Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push
  4. Blok
    Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan dalam sikap bet yang tertutup. Blok biasanya digunakan untuk mengembalikan bola bola drive atau bola dengan putaran atas (top sprin)
  5. Service
    Teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan.
  6. Spin
    Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara bola dipukul agar bola memutar
  7. Lob
    Teknik memukul bola lambung
  8. Smash
    Tekinik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam.

Comments