Persepsi Guru Matematika Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kbk) Mata Pelajaran Matematika Di Sma Negeri 1 Makassar (PMT-9)
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
BACA SELENGKAPNYA
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan
adalah penentu terbesar perkembangan masa depan bangsa. Makin besar
perhatian kita terhadap bidang pendidikan, ditambah lagi dengan
ketepatan arah pendidikan yang dicanangkan, niscaya akan membawa bangsa
atau daerah tersebut pada tingkat kemajuan yang memadai, sehingga tidak
akan tertinggal atau ditinggalkan oleh bangsa lain. Pendidikan
di Indonesia dewasa ini masih jauh tertinggal dibanding pendidikan di
negara lain. Untuk mengantisipasi hal tersebut salah satu aspek yang
perlu diperhatikan adalah materi atau yang biasa disebut kurikulum.
Kurikulum
dalam suatu sistem pendidikan merupakan komponen yang penting.
Dikatakan demikian karena kurikulum merupakan penuntun dalam proses
belajar mengajar (PBM) di sekolah. Oleh karena itu kurikulum selalu
dinamis dan senantiasa dipengaruhi oleh perubahan-perubahan dalam
faktor-faktor yang mendasarinya. Tujuan pendidikan dapat berubah secara
fundamental bila suatu negara yang dijajah menjadi negara yang merdeka,
sehingga dengan sendirnya kurikulum pun harus mengalami perubahan yang
menyeluruh.
Kurikulum
dapat pula mengalami perubahan bila terdapat pendirian baru mengenai
proses belajar mengajar, sehingga timbul berbagai bentuk kurikulum.
Perubahan dalam masyarakat, eksplosi ilmu pengetahuan, dan lain-lain
mengharuskan adanya perubahan kurikulum. Perubahan-perubahan itu
menyebabkan kurikulum yang berlaku tidak lagi relevan, dan ancaman
serupa ini akan senantiasa dihadapi setiap kurikulum, betapapun
relevannya pada suatu saat.
Agar
pendidikan memiliki relevansi dengan perkembangan zaman, maka perlu
sekali praktek pendidikan diarahkan pada pendidikan yang berbasis
kompetensi. Artinya praktek pendidikan dapat membekali siswa sejumlah
keterampilan (life skill). Dengan life skill, yang tidak
semata-mata mengandalkan kemampuan akademik melainkan juga non akademik,
siswa dapat memaknai perjalanan hidupnya dengan kearifan.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
You might also like:
- PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR (P-41)
- Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Peserta Didik Melalui Pelatihan Guru Dengan Vcd Pemodelan Dan Pendampingan Pada Pembelajaran Matematika (PMT-5
- Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Neg 3 .(PMT-2)
- Penggunaan Peta Konsep Pada Materi Trigonometri Melalui Pendekatan TPS di Kelas XI SMAN 6 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012 (PMT-10)
- MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN HITUNG CAMPURAN KELAS III MI MA’ARIF BLOTONGAN SALATIGA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU MAINAN ..(PMT-3)
Comments
Post a Comment