Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar

Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar

2 comments :
Dalam pembuatan makalah haruslah menurut aturan-aturan yang telah ditentukan. Karena makalah adalah karya tulis yang bentuknya formal. Oleh karena itu kita harus membuatnya sesuai aturan-aturan yang berlaku dalam karya tulisa ilmiah. Dalam beberapa kasus ternyata masih banyak yang bingung bagaimana cara mengatur ukuran kertas, spasi, huruf dan margin pada mikrosof word dengan benar terutama pada mahasiswa atau siswa baru yang pertama kali membuat makalah. Dan kebetulan pada kali ini saya akan membahas cara mengatur ukuran margin, kertas, font makalah dengan benar. Silahkan baca terus tulisan ini untuk tatacara mengaturnya sampai selesai.

Baca juga : Cara Memindahkan Gambar di Microsoft Word Dengan Bebas

Sebelum kita lanjut ke cara mengatur ukuran margin, kertas, font makalah alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa-apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat makalah yang baik dan benar. Ternyata ada beberapa struktur atau elemen-elemen penting yang harus kita perhatikan yaitu sebagai berikut.

Elemen dasar sebuah makalah:
1. Cover
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. Bab I   : Pendahuluan
5. Bab II  : Isi
6. Bab II  : Penutup
7. Daftar Pustaka

Setelah memperhatikan elemen-elemen penting diatas yang menjadi bagian-bagian dari sebuah makalah sekarang barulah kita akan lanjut ke cara mengatur ukuran margin, kertas yang digunakan, ukuran font, tulisan yang digunakan serta spasi.

Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar:

1. Mengatur margin, untuk mengatur margin dari sebuah makalah bisa menggunakan format 4 4 3 3 dengan satuan cm. Berhubungan satuan defaultnya adalah inci maka anda harus mengubahnya dulu ke bentuk cm dengan cara :  Klik Star -> Office Button -> Words Option -> Advanced -> Display -> Ok.




Setelah mengubah satuan ke cm sekarang baru mengatur ukuran margin : klik Page Layout -> pilih Margin -> Custom Margins. Setelah itu atur margin dengan ketentuan : Top = 4, Left = 4, Botton = 3, Right = 3. Lalu klik Ok.
2. Sekarang mengatur ukuran kertas. Kertas yang digunakan adalah A4, untuk cara mengubahnya : klik Page layout -> Size -> A4.
3. Mengatur font (tulisan). Jenis tulisan yang digunakan adalah Times New Roman, dengan ukuran font 12. Bisa dengan mudah mengaturnya melalui tab Home.
4. Mengatur spasi. Spasi yang digunakan adalah 1.5. Untuk mengaturnya pada tab Home lihat bagian Paragraph klik Line Spacing. Sperti contoh gambar dibawah ini.
Sekarang silahkan memulai ketik makalah anda. Jika sebelumnya makalah anda sudah ada dan ingin mengatur ukuran margin, kertas dan font cukup edit dengan cara blok semua tulisan yang ada dan lakukan perintah diatas. Dengan mengatur ukuran margin, kertas, font dan spasi berarti makalah anda sudah memenuhi kriteria aturan dalam penulisan karya ilmiah. 
Demikianlah artikel mengenai cara mengatur ukuran kertas, font, dan margin makalah pada mikrosof word dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa baru maupun yang lama. Sekian, terima kasih.

Comments